5 Tempat Wisata di Turki Yang Wajib Dikunjungi


Turki adalah salah satu negara yang merupakan destinasi wisata yang sangat menarik. Setiap tahunnya, jutaan wisatawan dari berbagai belahan dunia datang ke Turki untuk menikmati keindahan alamnya. Perpaduan unik antara Asia dan Eropa serta peninggalan sejarah keislaman klasik membuat Turki menjadi semakin seru untuk dijelajahi.

Bagi Anda yang ingin pergi ke Turki, ada baiknya mempersiapkan diri dan menentukan tempat mana saja yang akan Anda kunjungi. Di Turki ada banyak sekali tempat wisata, bahkan di kota Istanbul saja, ada puluhan tempat yang bisa dijelajahi. Maka dari itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tempat yang wajib Anda kunjungi saat berwisata ke Turki.

1. Blue Mosque (Masjid Sultan Ahmet)

Ini merupakan salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi. Sudah bukan rahasia lagi, Blue Mosque sudah menjadi salah satu simbol dari negara Turki. Masjid yang kaya dengan keindahan dan juga penuh dengan sejarah ini, tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

Blue Mosque

Masjid ini disebut Blue Mosque atau Masjid Biru, karena masjid ini didominasi dengan warna biru. Bentuk kubahnya yang sangat besar menjadi ciri khas dari masjid tersebut. Apalagi kalau malam hari. Masjid ini menyala dengan warna biru dan membuatnya menjadi semakin indah dan cantik. 

Nama asli dari Masjid Biru ini adalah Masjid Sultan Ahmet atau Sultan Ahmet Camii. Bangunan masjid ini memiliki gaya Ottoman Klasik. Jika diperhatikan, bentuk bangunan masjid ini mirip dengan Hagia Sophia, bekas masjid yang sekarang sudah menjadi museum. Masjid ini memiliki 9 kubah, dengan satu kubah utama dan 8 kubah penyangga. Serta memiliki 6 menara yang menjulang tinggi.

Baca juga :

2. Topkapi Palace (Istana Topkapi)

Dulu Turki pernah menjadi pusat kekhalifahan Islam. Bahkan sekitar 2/3 dari dunia ini berada di bawah kekuasaan Turki Utsmani. Dan Topkapi Palace ini adalah tempat dimana para Sultan tinggal di dalamnya. Sekarang tempat ini dijadikan museum. 

Topkapi Pacale

Istana ini dibuat pada tahun 1459, selama sekitar 400 tahun para Sultan tinggal di istana ini. Selain menjadi tempat tinggal para Sultan, istana ini juga merupakan pusat pemerintahkan Khilafah Turki Utsmani. 

Bukan hanya para Sultan, namun para pejabat istana juga tinggal di Topkapi Palace, sehinggi disini ada banyak sekali fasilitas seperti sekolah, asrama, perpustakaan, rumah sakit, masjid, taman, sampai tangki air raksasa di bawah tanah. Bahkan disini terdapat dapur raksasa yang digunakan untuk memasak makanan untuk sekitar 4.000 orang penghuni istana. 

3. Hagia Sophina

Hagia Sophia

Bangunan ini merupakan salah satu bangunan yang paling fenomenal di Turki. Awalnya bangunan ini adalah gereja di masa Byzantium. Setelah Sultan Muhammad Al Fatih menaklukan Istanbul, bangunan ini diubah fungsinya menjadi masjid. Ukiran dan juga hiasan khas Byzantium masih bisa kita nikmati di dalamnya. Ditambah dengan kaligrafi-kaligrafi indah membuat suasana perpaduan yang sangat unik. Saat ini bangunan Hagia Sophia sudah dialih fungsikan menjadi museum.

4. Bosphorus Bridge

Bopshorus Bridge

Tempat wisata di Turki selanjutnya, yang sayang untuk dilewatkan adalah jembatan Bosphorus. Jembatan ini merupakan salah satu dari lima jembatan terindah di dunia. Jembatan ini juga menjadi saksi keberhasilan Erdogan memerintah Turki. Jembatan Bosphorus menghubungkan dua benua, yaitu Istanbul bagian Eropa dan Istanbul bagian Asia. 

5. Grand Bazaar

Tempat wisata di Turki selanjutnya adalah Grand Bazaar, yaitu pusat perbelanjaan tradisional yang sudah ada sejak zaman Turki Utsmani. Di Grand Bazaar Anda bisa membeli oleh-oleh khas Turki, seperti pakaian, hiasan, pajangan dan masih banyak barang-barang unik lainnya. Walau pun usia pasar ini sudah sangat tua, namun masih terawat dengan baik. 


Grand Bazaar

Letak pasar ini berdekatan dengan Suleymaniye Camii dan Universitas Istanbul. Pasar ini selalu ramai, baik oleh wisatawan lokal dan juga wisatawan mancanegara. Disini terdapat ribuan pedagang yang menyediakan berbagai macam jenis barang dan oleh-oleh khas Turki. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tempat Wisata di Turki Yang Wajib Dikunjungi"

Post a Comment