Ungkapan Khusus Dalam Bahasa Turki

Bahasa Turki adalah salah satu bahasa yang sangat menarik untuk dipelajari. Salah satu alasannya adalah dalam bahasa Turki ada banyak ungkapan-ungkapan khusus yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Tiap ungkapan memiliki berbagai macam makna yang bisa kita gunakan pada saat kita berbicara dengan orang Turki. Berikut ini adalah beberapa ungkapan yang banyak digunakan dalam percakapan bahasa Turki sehari-hari. 

Allah Razı Olsun - Semoga Allah Meridhoi

Ungkapan ini bisa kita ucapkan pada saat kita ingin menyampaikan terima kasih kepada seseorang atas kebaikan yang dilakukan. Dalam kalimat ini kita mendoakan agar orang tersebut mendapatkan keredhaan dari Allah subhanahu wa ta'ala atas kebaikannya. Orang Turki akan sangat senang jika mendapatkan ungkapan yang mengandung doa yang sangat baik seperti ini.

Jadi jika ada orang Turki yang membantu atau Melakukan kebaikan untuk kamu, kamu bisa mengucapkan kalimat Allah Razı Olsun.

Baca Juga : Kata Mutiara Bahasa Turki Tentang Cinta Dan Artinya

Afiyet Olsun - Semoga Jadi Sehat

Kita bisa mengucapkan Afiyet Olsun kepada orang yang sedang makan atau  minum. Jika diartikan secara bebas kalimat ini bisa bermakna selamat menikmati. Namun arti sebenarnya adalah kita mendoakan kepada orang yang sedang makan atau minum agar diberikan kesehatan oleh Allah subhanahu wa ta'ala. 

Geçmiş Olsun - Semoga Berlalu

Ungkapan ini dapat kita gunakan saat kita menjenguk orang yang sedang sakit atau bisa juga kita ucapkan kepada orang yang sedang tertimpa musibah. ungkapan ini juga merupakan doa agar sakit atau musibah yang diderita orang tersebut segera berlalu. Jika diartikan secara bebas terkadang ungkapan ini bermakna Semoga lekas sembuh. 

Kolay Gelsin - Semoga Datang Kemudahan

Kita bisa menggunakan ungkapan ini untuk orang yang sedang bekerja atau sedang melakukan sesuatu. ungkapan ini juga mengandung doa agar segala yang dilakukan oleh orang tersebut diberikan kemudahan dan kelancaran. Dalam percakapan sehari-hari orang Turki terbiasa menggunakan ungkapan ini kepada siapa saja yang mereka lihat sedang bekerja. Bahkan kepada orang-orang yang sedang berdagang. 

Baca Juga : Perkenalan Dalam Bahasa Turki

Allah Bereket Versin - Semoga Allah Memberi Keberkahan

Biasanya ungkapan ini digunakan dalam transaksi jual beli. Pedagang akan mengucapkan kalimat ini pada saat menerima uang dari pembeli. Hal ini dimaksudkan agar rezeki yang dia dapatkan diberi keberkahan oleh Allah subhanahu wa ta'ala. 

Başınız Sağolsun - Semoga Kepalamu Sehat

Ungkapan ini bisa kita gunakan pada saat ada orang yang meninggal dunia. kalimat ini bermakna mengucapkan duka cita yang mendalam atas wafatnya seseorang. jadi jika ada teman kamu orang Turki yang kehilangan seseorang karena meninggal dunia, kamu bisa mengucapkan Başınız Sağolsun. Selain itu kalimat tersebut juga bermakna “ Yang meninggal telah pergi, semoga kamu yang masih hidup diberikan kesehatan.”.  Atau juga bisa bermakna “Semoga luka atau kesedihanmu segera berlalu.” 

İyi Yolculuklar - Selamat Jalan

Ungkapan ini kita gunakan untuk orang yang akan melakukan perjalanan. Kalimat ini juga bisa bermakna semoga perjalananmu lancar.

Allah Kabul Etsin - Semoga Allah Mengabulkan Doa/Ibadahmu

Ketika kita melihat orang Turki atau teman kita selesai melakukan suatu ibadah misalnya shalat, puasa, haji, umrah, qurban dan sebagainya kita bisa mengucapkan kalimat Allah Kabul Etsin. Kalimat ini bermakna doa yang artinya “Semoga Allah subhanahu wa ta'ala menerima atau mengabulkan ibadahmu.

Ellerinize Sağlık - Semoga Tanganmu Sehat

Ungkapan ini bisa kita gunakan kepada orang yang yang menyiapkan makanan. kalimat ini adalah bentuk Terima kasih yang mendalam kepada orang yang sudah masak atau menyiapkan makanan untuk kita. Selain kalimat terima kasih ungkapan ini juga bermakna doa semoga tangan orang yang membuat makanan tersebut selalu diberi kesehatan dan keberkahan. 

Baca Juga : Kata Kata Kecewa Dalam Bahasa Turki

Hayırlı Olsun - Semoga Menjadi Kebaikan

Kita bisa menggunakan kalimat ini pada saat kita mengucapkan selamat kepada orang yang baru mendapatkan keberhasilan atau sesuatu baru, misalnya pekerjaan baru atau rumah baru. Kalimat ini mengandung doa semoga apa yang kamu dapatkan menjadi kebaikan. 

Hakkını Helal Et - Halalkan Hakmu

Salah satu cara minta maaf kepada orang Turki adalah dengan mengucapkan kalimat Hakkını Helal Et. Karena pada saat kita melakukan kesalahan itu artinya kita telah mengambil haknya, maka dari itu kita meminta kepada-nya untuk menghalalkan atau mengikhlaskan haknya pada kita. Balasan untuk kalimat ini adalah Helal Olsun yang artinya saya telah menghalalkan atau memaafkan kesalahanmu. 

Çok Yaşa - Semoga Panjang Umur

Walaupun bermakna Semoga panjang umur kalimat ini bukan untuk orang yang sedang ulang tahun. Kalimat ini kita gunakan untuk orang yang bersin. Jika di masyarakat kita biasa mendoakan orang yang bersin dengan kalimat yarhamukallah, orang Turki biasa mendoakan dengan kalimat çok yaşa.

Demikian beberapa ungkapan khusus dalam bahasa Turki yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Semoga bermanfaat. 










Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ungkapan Khusus Dalam Bahasa Turki"

Post a Comment